PRESS RELEASE Kecelakaan Pesawat “PK-RTZ” Milik Genesa Flight Academy

logo-perkasa-flight-school

PRESS RELEASE
Nomor: PR-121.042.3PF/2018 Tanggal 21 Maret 2018

 

Kecelakaan Pesawat “PK-RTZ” Milik Genesa Flight Academy Yang Menghantam 6 Pesawat Dan Hangar Perkasa Flight School

Pada hari Selasa, 20 Maret 2018, sekitar pkl. 15.15, di area Bandara Tunggul Wulung Cilacap (CXP), telah terjadi sebuah kecelakaan udara berupa jatuhnya pesawat terbang dengan nomor registrasi PK-RTZ yang merupakan pesawat udara yang dimiliki/dikuasai oleh Genesa Flight Academy. Jatuhnya pesawat Genesa Flight Academy tersebut telah menghantam pesawat-pesawat latih milik Perkasa Flight School (PT Mitra Aviasi Perkasa) yang sedang terparkir pada area bandara di depan hangar dan juga menghantam fasilitas hangar Perkasa Flight School dan sebagai akibatnya pesawat-pesawat dan hangar milik Perkasa Flight School mengalami kerusakan yang cukup besar.

Kerusakan pesawat-pesawat dan hangar Perkasa Flight School akibat kecelakaan pesawat Genesa Flight Academy tersebut dengan sendirinya menyebabkan terganggunya operasional pendidikan dan pelatihan para Siswa Perkasa Flight School, namun demikian Manajemen Perkasa Flight School/PT Mitra Aviasi Perkasa telah berkomitmen untuk meminimalisir dampak kejadian ini terhadap pendidikan dan pelatihan Siswa Perkasa Flight School. Setelah kami mendapatkan surat release custody dari KNKT dan asuransi kami akan langsung memperbaiki semua kerusakan bangunan dan pesawat yang bisa diperbaiki sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan pengawasan dari DKPPU. Kami juga sudah mulai memesan 3 pesawat baru guna menggantikan pesawat yang tidak bisa diperbaiki lagi.

Pada hari yang sama, yakni pada sekitar pkl. 23.00 malam hari Selasa lalu, telah berlangsung pertemuan antara Pemilik dan Manajemen Genesa Flight Academy dan Manajemen PT Mitra Aviasi Perkasa, sebagai pemilik Perkasa Flight School, di Jakarta. Dimana pada pertemuan tersebut telah disepakati secara lisan bahwa Manajemen Genesa Flight Academy akan bertanggung jawab menyelesaikan yang menjadi tanggung jawabnya dan menyatakan komitmennya bahwa gangguan atau interupsi terhadap operasional pendidikan dan pelatihan para Siswa Perkasa Flight School harus dapat diminimalisir dan oleh karena itu perbaikan dan penggantian akan dilakukan secepat-cepatnya dan dengan prosedur yang tepat tanpa mengorbankan aspek keamanan dan keselamatan penerbangan (safety).

Pada saat ini, KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dan pihak terkait lainnya telah memulai proses investigasi sesuai dengan peraturan yang berlaku, sedangkan perbaikan dan penggantian terhadap kerusakan dan tanggung jawab yang timbul dari padanya dilaksanakan bersama-sama oleh Manajemen Genesa Flight School dan Manajemen Perkasa Flight School.

Demikian Press Relese ini dibuat untuk memberikan informasi yang komprehensif mengenai gangguan terhadap operasi Perkasa Flight School yang diakibatkan oleh kecelakaan pesawat pihak ketiga (sekolah pilot lain) yang barusan terjadi di wilayah Bandara Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah.

ttd

Direksi PT Mitra Aviasi Perkasa/
Perkasa Flight School

Please follow and like us: